"Bukanlah seorang mukmin, Jika saudaranya merasa tidak nyaman dengan perkataannya".

Senin, 02 Maret 2009

4 Sehat 5 Sempurna

Taukah kamu apa itu 4 Sehat 5 Sempurna?... Pasti deh dalam pikiran kita terbayang,”itu kan komposisi makan yang sehat”, Betul tidak sob ... hehehe ... Tapi sob, dalam episode kali ini BEDA dengan episode sebelumnya ... Penasaran kan...!!!! Yyuukk, kita ”ngintip” alur cerita di bawah ini ... hehehe (kayak sinetron aja ... )

Dalam tubuh kita, pasti membutuhkan sosok ”4 Sehat 5 Sempurna” baik kebutuhan lahir maupun batin. Tiap hari, lahir kita membutuhkan bensin (makan) di dalamnya pasti terkandung "4 Sehat 5 Sempurna", diantaranya : (1) Nasi (2) Lauk Pauk (3) Sayur Mayur (4) Buah (5) Susu. Ini masih lahir kita belum batin.... Namun, Batin juga butuh lho Sob ... bahkan tidak hanya sekedar butuh tapi BUTUH BANGET .... Tapi apa ya menu 4 Sehat 5 Sempurna untuk batin kita? ... ada yang tau ngga nie ... tapi eeiittt, jangan angkat tangan bagi yang tidak pake rexona ... hehehe ... Nie 4 Sehat 5 Sempurna for Batin tubuh kita ...


Islam didirikan atas lima dasar, sebagaimana yang tersebut dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar t, Rasulullah SAW bersabda : "Islam didirikan atas lima dasar; yakni : (1) Bersaksi bahwa tiada Ilah yang berhak disembah selain Allah, dan Muhammad adalah hamba Allah dan RasulNya, (2) mendirikan shalat, (3) menunaikan zakat, (4) puasa Ramadlan, dan (5) ibadah haji." (HR. Bukhari Muslim).


1. Kesaksian tiada Ilah yang berhak disembah selain Allah dan Muhammad adalah hamba serta Rasul-Nya adalah keyakinan yang mantap, yang diekspresikan dengan lisan. Buah syahadah (kesaksian) yang terbesar ialah membebaskan hati dan jiwa dari penghambaan terhadap makhluk serta tidak mengikuti selain para Rasul-Nya.


2. Mendirikan shalat artinya menyembah Allah dengan mengerjakan shalat secara istiqamah serta sempurna, baik waktu maupun caranya.Salah satu buah atau hikmah shalat adalah mendapat kelapangan dada, ketenangan hati, dan menjauhkan diri dari perbuatan keji dan mungkar.


3. Mengeluarkan zakat artinya, menyembah Allah SWT dengan menyerahkan kadar (ukuran) yang wajib dari harta-harta yang harus dikeluarkan zakatnya.Salah satu hikmah mengeluarkan zakat adalah membersihkan jiwa dan moral yang buruk yaitu kekikiran, serta dapat menutupi kebutuhan Islam dan umat Islam.


4. Puasa Ramadlan artinya menyembah Allah SWT dengan cara meninggalkan hal-hal yang dapat membatalkannya di siang hari bulan Ramadhan. Salah satu hikmahnya adalah melatih jiwa untuk meninggalkan hal-hal yang disukai karena mencari ridla Allah Azza wa jalla.


5. Naik haji ke Baitullah (rumah Allah) artinya menyembah Allah SWT dengan menuju ke Baitul al Haram (Rumah suci) untuk mengerjakan syiar atau manasik haji.Salah satu hikmahnya adalah melatih jiwa untuk mengerahkan segala kemampuan harta dan jiwa agar tetap taat kepada Allah SWT. Oleh karena itu haji merupakan salah satu macam jihad fi sabilillah.


Nah ...... Now, kamu tahu kan pentingnya menu ”4 Sehat 5 Sempurna” untuk tubuh kita baik secara lahir maupun batin ... So, laksanakan-lah .....


Dan terakhir, artikel ini secara khusus aku persembahkan untuk sahabat ku dan sekaligus untuk melunasi janjiku kepada dia ... For My Friend, Syukron ya atas ide yang diberikan ... Because Ide mu ini, akhirnya aku bisa meluangkan waktu dan membuat artikel ini ... Semoga aja konsep artikel ini sesuai dengan ide cerita mu ... Sahabatku, Thanks for All ...

Tidak ada komentar: